Komite Sekolah

Komite Sekolah

1879149

Pembentukan komite sekolah ditujukan untuk mewadahi, meyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan, meningkatkan tanggung jawab dan peran serta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, serta menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan serta pelayanan pendidikan yang berkualitas di satuan pendidikan.

Adanya gagasan untuk melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah yang terkandung dalam konsep komite sekolah merupakan suatu ide cemerlang dalam rangka memajukan sekolah (dalam arti memajukan pendidikan).

Komite Sekolah merupakan sebuah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan baik pada pendidikan prasekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan luar sekolah. Untuk penamaan badan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan daerah masing-masing satuan pendidikan, seperti Komite Sekolah, Majelis Madrasah, Majelis Sekolah, Komite TK atau nama lain yang disepakati bersama (Kepmendiknas Nomor 044/U/2002).

Komite Sekolah berkedudukan di setiap satuan pendidikan, merupakan badan mandiri yang tidak memiliki hubungan hierarki dengan lembaga pemerintah. Tujuan komite sekolah adalah (1) mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan, (2) meningkatkan tanggung jawab dan peran masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, dan (3) menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di satuan pendidikan.

Ada empat peran utama komite sekolah (1) memberikan pertimbangan (advisory agency), (2) memberikan dukungan (supporting agency), (3) mengawasi penyelenggaraan pendidikan di sekolah (controlling agency), dan (4) penghubung antara sekolah dengan orang tua siswa (mediator). Untuk menjalankan perannya, komite sekolah memiliki fungsi mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, bertugas mendorong orang tua dan masyarakat agar berpartisipasi dalam pendidikan serta menggalang atau menggali potensi-potensi dana masyarakat untuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah tersebut. Secara kelembagaan, komite sekolah langsung dapat diawasi oleh masyarakat.

Ketua Komite SMKN 1 Satui

Widodo Srie Admojo

Banner

 

btikp
logo

Komunitas Blog



Galeri

 
Dewan Guru dan Staf Tata Usaha SMKN 1 Satui 
Uji Kompetensi Keahlian SMK Teknik Komputer Jaringan
Milad ke 10 SMKN 1 Satui
Pemilihan Ketua OSIS SMKN 1 SATUI Tahun Ajaran 2014/2015

Yang Lagi Online

Kami memiliki 19 tamu dan tidak ada anggota online

Terhubung dengan

Berlangganan Berita

Kegiatan Terbaru

Berita Foto

Style Setting

Fonts

Layouts

Direction

Template Widths

px  %

px  %